Senin, 25 April 2011

Pengalaman Usus Buntu

Nah penasaran kan gimana rasanya usus buntu ? Aku baru aja ngalamin sakit usus buntu .
Gini nih critanya

Waktu itu hari Rabu , aku ga masuk karena sakit panas . Sorenya , gak tau kenapa kok perutku yang bagian kanan ini sakit , kaya ditusuk tusuk . Jadi kami pergi ke dokter anak . Nah , katanya dokter anak ' waduh saya takut ini usus buntu , dibawa aja ke dokter spesialis bedah supaya bisa ditangani lebih lanjut ' . Wah , wes takut nih ada gejala usus buntu e soale . Kemudian kami pergi ke poliklinik RKZ di Ciliwung sana , ke dokter spesialis bedah Dr.Daniel Ponco . Dokternya nekan perut yang sakit , dan katanya juga ada gejala usus buntu . Disuruh USG dan kalo beneran positif usus buntu , disuruh ngamar katanya dan besok langsung operasi . Jadilah aku pergi USG . Ternyata USG itu bukan difoto tapi pake odol trus ada alatnya jadi digerak''in supaya isa ngeliat dalem tubuh hahaha . Nah dokternya bilang ' Sudah bengkak ya ini ususnya . Positif Appendix ' . Deg ! Operasi dong ? jelas . Aku uda deg''an itu mau operasi . Takut ntar gimana lah gimana lah . Langsung aja mama pesen kamar di RKZ , aku langsung ngamar . Bosen dikamar , papa pulang dan bawain komik , sekalian juga makanan soalnya kata suster aku bakalan puasa total dari jam 12 sampai jam operasi besok . Udah , aku tidur , malamnya aku dikasi antibiotik . Weh , antibiotik e suakit , udah gitu mari dikasi antibiotik aku muntah . Jadi kluar smua makanan nya . Bsok paginya , skitar jam 4an aku dikasi obat mules , supaya smua isi perutku keluar jadi waktu operasi gada makanan di perut . Oh ya waktu itu aku juga udah disuntik infus . Skitar jam 9an aku pergi keruang operasi . Obat biusnya disuntik lewat infus . Tak kira langsung tidur , ternyata nggak . Aku malah ga sadar uda tidur , jadi skitar jam 12an aku sadar , sudah selesai operasi ! Puji Tuhan :D
Abis operasi , bekas belahan nya sakit , jadi mamaku minta obat antinyeri dan aku tidur . Sorenya , temenku dari gereja datang bwa makanan . Tapi aku belom boleh makan kalo blm buang angin , jadi cuman minum seteguk'' aja . Gapapa , makanan nya masuk lewat infus kok hahahah xD
Nah abis gitu malamnya aku dibangun''in sama suster , mau ngecek infus lah , obat antinyeri lah , jadi agak keganggu . Yaudah aku bilang aja sama susternya ' Sus , kalo mau ngecek apa'' bilang dulu ya , kebangun nih '  Untung aja susternya baek , jadi iya'' aja . Ohya malam itu juga aku disuru kencing sblm jam 12 , kalo ga dipasangi kateter . Kateter itu kalo orang gabisa kencing jadi selang dimasukkin supaya keluar . Nah aku gabisa kencing , jadi dipasang itu . Hihhh ga terlalu sakit sih , tapi pedis e poll . Tau kenapa harus kencing ? Soalnya kan udah berapa liter tuh air infus masuk ketubuh ? Ga kencing'' , ntar penuh air dong didalem tu Hahahah xD

Bsoknya hari Jumat , aku udah buang angin :D jadi udah boleh makan . Makanan e lembek , nasi sama daging , tapi daging e dihancurin . Lagi sakit , yawes aku makan aja . Lumayan enak kok . Yang paling aku takut itu obat antinyeri lo . Soalnya waktu masuk infus , kerasa obatnya nekan pembuluh , suakit e minta ampun . Namae obat antinyeri tapi masuk lewat tangan juga nyeri , aneh ya ? wkwkwk . Temen sama keluarga juga tmen papa mamaku dteng ngliatin . Yang diluar kota telpon nanyain keadaan . Trus aku disuru kencing lagi sama suster , kalo ga dipasangi kateter lagi . Mana mau aku dipasangi kya gtu , jadi minta belajar duduk trus berdiri supaya isa kencing . Akhirnya bisa , dan gak dipasangi kateter . Hihhh
Ohya , dokter bilang aku mesti belajar jalan . Dan bsok sabtu udah boleh pulang . Aku sih takut soale kalo misalnya gerak banyak kan ntar kebuka lagi . Dokternya malah ketawa ' Hahaha , tenang aja . Ini lemnya 5 lapis kok ' Lem ? Bukan jahitan ? iya dong . Jadi aku ga dijahit , tapi dilem . Teknologi kan uda canggih :D
Sabtunya , uda disuru pulang sama dokter . Tapi mamaku bilang hari minggu aja . Eh ternyata hari minggu gaboleh , mesti hari Senin . Aku udah ga betah , jadi ya mamaku ngurus admin dlu buat pulang seijin emak pastinya . Yes pulang ! jam 12 aku pulang , dan mampir dulu ketoko buku , beli novel 2 xD Mau tau judulnya ta ? Yang 1 'A Wizard of Earthsea' , trus satunya lagi 'Sherlock Holmes' yang ketiga . Bagus loh :p
Pulang , aku tidur . Ohya aku udah bisa makan sembarang , cuman yang asem sama yang pedas gaboleh dulu . Jadi aku makan roti hehehe . Sorenya temenku dateng nengokin , aku uda bisa jalan , agak susah juga sih .
Dan ternyata nih biaya adminnya pas 15 juta , sesuai yang ada saat itu . Aku pikir , ternyata Tuhan emang baik ya . Penyakitku langsung kedeteksi , aku ga perlu ngrasain sakit lebih lama , Tuhan buat supaya begitu sakit , bsok aku langsung operasi . Tuhan juga langsung membantu mama papa , supaya biaya rumah sakit bisa langsung ada . Dan aku gaperlu lama'' dirumah sakit . Puji Tuhan juga makasih buat Papa mama , keluarga , juga temen'' smua yang udah nengok , nanyain keadaan , uda peduli hehehe :D

Ngomong'' nih , tau kenapa aku usus buntu ? Paling kalian pikir aku ada banyak makan yang pedes'' ato salah makan kan ? Salah ! Aku usus buntu karena ternyata usus buntuku lebih panjang dari orang normal , jadi kalo kalian punya 2 cm , punyaku 4 cm huakakakak xD . Jadi mesti dipotong karena kelebihan ususku itu nyentuh dinding usus dan nggesek , makanya bengkak . Jadi walaupun aku ga operasi sekarang , suatu saat aku pasti akan operasi juga . Aku juga ga nyangka , smuanya mendadak sekali . Sore sakit , malam langsung ngamar . Emang Tuhan punya rencana baik untuk kita :)

Rabu mggu depan aku control kedokter . Oh aku lupa . Selama aku pulang , lukaku dikasi plester kedap air , dan dibukanya waktu control . Jadi pas dibuka , diganti sama Handyplast biasa . Aku udah tanya'' kedokter ' Dok boleh makan nasi goreng ga ? ' , ' Dok udah boleh sekolah ? ' , ' Dok berapa minggu ga boleh OR ? ' wkwkkw xD . Katae udah boleh makan smua , kecuali yang pedes , dan aku udah boleh sekolah asal gaboleh OR selama 2 mggu :D


Yah setelah itu aku udah biasa , udah sembuh . Lukaku jadi keloid , ato apalah itu namanya . Jadi kulit hasil belahannya timbul gitu . Hehehe sekian cerita pengalaman usus buntunya . Jangan takut operasi , emang pertama takut tapi kalo udah dijalani malah nggak kok , malah kita bisa pamer kalo kita pernah usus buntu hahaha xD

Sekian
Romie Christian :D

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar